Lima tahun berselang dari film pertama (2017), “Ibu” kembali datang di malam yang durjana untuk meneror keluarga Bapak (Bront Palarae) di tempat tinggal barunya. Setelah selamat dari kejaran gerombolan setan pocong, mereka pindah ke rusun (yang dipikir lebih aman karena suasananya ramai). Siapa sangka, teror bertubi-tubi semakin mengancam Bapak, Rini (Tara Basro), Toni (Endy Arfian), dan Bondi (Nasar Anuz).

Penambahan karakter baru seperti Tari (Ratu Felisha), Dino (Jourdy Pranata), Wisnu (Muzakki Ramadhan), Ari (Fatih Unru), Wina (Nazifa Fatia), dan Darto (Iqbal Sulaiman) terbukti memperkuat ketajaman dan kedalaman cerita. Mereka tampil sesuai porsi yang pas, tidak berlebihan, dan pastinya menyeramkan. Tak hanya itu, dialog-dialog komedi pun terlontar dengan alami. Menggelitik seperti obrolan-obrolan ringan di tongkrongan.

Penceritaan Joko Anwar di sekuel ini bisa dinikmati dengan mudah namun tidak murahan. Rating 13+ menurutku sudah layak untuk film Pengabdi Setan 2: Communion, namun tetap dengan pengawasan orang dewasa.

Warning: bagi penderita epilepsi dan sensitifitas terhadap kilatan cahaya, film ini cukup berisiko.

Permaianan kamera, pengambilan detil adegan, efek suara, dan tentu saja efek kilatan cahaya begitu dagdigdug luar biasa. Dominasi visual warna gelap dan suram menambah ketakutan yang bergidik. Itu sebabnya Pengabdi Setan 2: Communion tampil apik di layar IMAX. Iya, film ini telah mengalami editing dengan teknologi IMAX. Kejernihan gambar, detail, serta suara yang menggelegar menghasilkan pengalaman sinematik menakjubkan. Selamat telah menjadi film Indonesia dan film lokal pertama di Asia Tenggara dengan teknologi IMAX.

Menonton Pengabdi Setan 2: Communion seolah membawa kita bermain wahana di taman hiburan. Menyenangkan. Menyeramkan. Menegangkan. Efek setelah keluar dari bioskop pun menyisakan perasaan tidak nyaman, takut, merinding, tapi nagih.

Sudah menjadi ciri khas Joko Anwar dengan film-filmnya yang membuat penonton untuk turut berpikir lebih dalam terkait kelanjutan cerita. Tampaknya akan terbuka untuk “Pengabdi Setan 3”. Mari kita tunggu!

Pengabdi Setan 2: Communion tayang serentak di seluruh bioskop 4 Agustus 2022.

Leave a comment